Jangan Suudzon

0
249

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan puba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang.” (QS. Al Hujurat: 12).

Dalam ayat ini terkandung perintah untuk menjauhi kebanyakan berprasangka, karena sebagian tindakan berprasangka ada yang merupakan perbuatan dosa. Dalam ayat ini juga terdapat larangan berbuat tajassus. Tajassus ialah mencari-cari kesalahan-kesalahan atau kejelekan-kejelekan orang lain, yang biasanya merupakan efek dari prasangka yang buruk.

Tidak sedikit dari kita yang mempunyai perasaan buruk sangka terhadap teman, kerabat, bahkan dengan pasangan halal kita sendiri, sampai-sampai setiap perbuatan baiknya pun, selalu dicari hal negatif dari perbuatan tersebut, padahal itu adalah hal buruk seperti sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca Juga:  Jagalah lisannya

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara”. (HR. Bukhari Muslim)